Pages

Labels

Selasa, 30 Oktober 2012

Repair Recovery Data dari CD/DVD rusak


Repair Recovery Data dari CD/DVD rusak

Cara cara untuk merepair data dari cd rusak

1. gunakan software nero. Biasanya pada saat membakar disk tidak bisa sempurna, walaupun data sudah ditulis tapi program burnernya tidak menutup atau finalize disc ini.
Solusinya:coba masukkan disc, terus jalankan Nero dan pilih Disc Information. Biasanya jika disc belum difinalize akan ada pilihan dari Nero untuk mem-finalize.
2.    bersihkan permukaan disk yang baret dengan pasta gigi lalu gosok dengan tisu
3.    Mengkopi data dari disc yang rusak sebaiknya gunakan program Isobuster. software ini akan berusaha mengkopi data dari disc sekalipun disc tidak bisa dibaca. berbeda dengan copy biasa di Windows yang pada saat terjadi error langsung berhenti. isobuster akan berusaha terus mengkopi data dengan cara menurunkan kecepatan baca, jika data tetap tidak bisa dibaca Isobuster akan mengganti sector yang tidak bisa dibaca dengan 0 dan melanjutkan membaca sektor berikutnya. Isobuster juga bisa mengkopi file yang hilang karena kegagalan burning.
4.  Ganti DVD-ROM nya. DVD writer biasanya bisa membaca lebih baik daripada DVD-ROM biasa. Merk2 tertentu juga biasanya punya kemampuan baca yang lebih bagus.
5.    Untuk DVD film bisa menggunakan cara yang berbeda. gunakan software VideoReDo untuk memotong film di DVD, ambil bagian yang bagus dan buang bagian yan rusak. Contoh, film bisa jalan sampai menit ke 30 terus rusak sampai menit 32. gunakan software VideoReDo untuk memotong film dari menit pertama sampai menit 30 lalu potong lagi dari menit 32 sampai tamat. jika pakai software lain biasanya DVD harus diconvert dulu ke MPEG2 baru bisa dipotong, masalahnya dalam proses konversi biasanya macet di bagian yang rusak. VideoReDo lebih praktis karena
 bisa memotong langsung tanpa harus dikonversi dulu ke MPEG2. Kelemahannya, subtitle hilang, yang bisa dikopi hanya film saja.

0 komentar:

Posting Komentar